Visit us on Google+

Saturday, October 27, 2012

Membuat aqua regia

aqua regia
Kata Aqua regia mungkin untuk orang -orang yang suka melebur emas sudah tidak asing lagi, tapi bagaimana dengan anda ? mungkin dari anda sebagian besar ada yang tidak tahu apa aqua regia itu dan kenapa tidak ada di toko - toko kimia, padahal aqua regia itu 100% terbuat dari bahan kimia.

Di sini saya akan menerangkan cara membuat aqua regia untuk anda yang belum tahu, lho ko membuat ???
karna aqua regia masih tidak setabil jadi di gunakannya ya pas mau di gunakan saja, makanya di toko kimia tidak ada yang menjual aqua regia dalam bentuk jadi, untuk lebih jelasnya saya akan terangkan lebih lanjut lagi di bawah ini

cara membuat aqua regia :




HCL + HNO3 = aqua regia

campuran antara HCL ( clorid acid ) + HNO3 ( nitrit acid ) adalah 3:1

contoh :

HCL 3cc + HNO3 1cc


agar tidak terlalu bau bisa di tambah dengan aqua desk atau air steril dengan perbandingan 1:1


aqua regia ini tidak bereaksi dengan logam emas, jadi tidak salah lagi, sudah banyak orang - orang yang suka melebur emas atau meningkatkan kadar emasnya dengan zat kimia ini

di bawah ini salah satu contoh video reaksi aqua regian terhadap logam atau emas


9 comments:

  1. setelah larut, bagaimana cara memisahkan emas dan cairannya kemudian bagaimana pula dengan memadatkan emasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memisahkan emas dengan larutanya, saya pake Zn ( serbuk seng )
      jadi setelah larut serbuk seng di campurkan dengan cairan emas yang sudah menyatu dengan aqua regia, sampai ada endapan emas. biasanya saya taroh di lemari sehari semalam

      Delete
  2. Wow.. mantab artikelnya,mudah dimengerti mas.
    Tapi ko

    ReplyDelete
  3. Ma kasih buanyak ..atas semuax.akan menambah wawasan kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sama2 mba :D dan saya juga mengucapkan terimakasih sudah mau berkunjung di branda saya

      Delete
  4. aku punya semacam bongkahan besi yang mengandung emas, gi mana cara melebur atau mengolah biar menjadi emas murni?? terima kasih sebelum nya .081333115903. mungkin ada waktu bisa sms ke saya . succsess

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya minta maaf kepada mas mama renza, kalau untuk bongkahan besi yang mengandung emas saya rasa lebih cocok di lebur langsung dengan api terus hasil leburannya tambahkan air raksa

      Delete